Tes Pro TEFL UNY: Format Tes, Soal, dan Persiapan yang Perlu Anda Ketahui
Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai Tes Pro TEFL yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat! Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai format tes Pro TEFL UNY, termasuk jenis-jenis soal yang akan dihadapi peserta tes serta contoh soal untuk membantu Anda mempersiapkan ujian dengan lebih baik.
Tes Pro TEFL adalah tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris peserta, dengan pendekatan yang mirip dengan tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language).
Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang soal Pro TEFL, materi yang diujikan, serta tips untuk meraih skor terbaik dalam ujian ini. Jika Anda berniat mengikuti tes ini, pastikan Anda memahami dengan baik format dan jenis soal yang akan muncul, sehingga dapat memaksimalkan hasil ujian Anda.
Apa Itu Tes Pro TEFL?
Proficiency Test of English as a Foreign Language atau disingkat ProTEFL adalah tes yang dirancang oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris peserta. Tes ini sering kali digunakan sebagai syarat kelulusan atau kebutuhan akademik lainnya. Meskipun Tes Pro TEFL memiliki kemiripan dengan tes TOEFL, terdapat beberapa perbedaan dalam hal format dan tujuan, namun soal-soal yang diujikan dan cara penilaiannya serupa.
Pada dasarnya, Tes Pro TEFL bisa dianggap sebagai versi mini dari TOEFL atau tes prediksi TOEFL, di mana soal-soal yang digunakan cenderung menyerupai soal yang terdapat dalam latihan-latihan tes TOEFL.
Apa Saja yang Diuji dalam Tes Pro TEFL?
Tes Pro TEFL menguji tiga keterampilan utama dalam Bahasa Inggris, yaitu: Listening Comprehension (Kemampuan Mendengarkan), Reading Comprehension (Kemampuan Membaca), dan Grammar (Tata Bahasa ). Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang bagian pertama tes:
1. Soal Listening Comprehension (Kemampuan Mendengarkan)
Pada sesi pertama, tes akan menguji kemampuan peserta dalam mendengarkan dialog pendek, ceramah singkat, dan percakapan panjang. Secara keseluruhan, ada 50 butir soal pilihan ganda. Tes Listening ini terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
Tes Listening Percakapan Pendek (Short Conversation)
Soal ini menguji kemampuan peserta dalam memahami dialog singkat antara dua orang. Setelah dialog, peserta akan diberikan satu pertanyaan dengan empat pilihan jawaban yang muncul di layar ujian atau lembar soal. Dialog ini hanya diperdengarkan sekali, dan tidak ada pengulangan. Soal-soal ini berada pada nomor 1 hingga 30.
untuk mendapatkan nilai maksimal dalam sesi ini, peserta diharpakan mendapatkan soal benar diatas 15. berikut contoh soal listening percakapan pendek part A :
Contoh Soal Listening Part A
(Narrator) In this section, you will demonstrate your skills in understanding spoken English. There are three parts in the Listening Comprehension section, with different tasks in each.
Part A
DIRECTIONS: In Part A you will hear short conversations between two people. At the end of each conversation, a third person will ask a question about what the two people said. Each conversation and each question will be spoken only one time. For this reason, you must listen care- fully to understand what each speaker says.
After you hear a conversation and the question, read the four selections and choose the one that is the best answer to the question the speaker asked. Then, on your answer sheet, find the number of the question and blacken the space that corresponds to the letter for the answer you have chosen. Blacken the space completely so that the letter inside the space does not show.
Listen to the following example.
On the recording, you hear:
(Man) Does the car need to be filled?
(Woman) Mary stopped at the gas station on her way home.
(Narrator) What does the woman mean?
In your test book, you will read:
(A) Mary bought some food.
(B) Mary had car trouble.
(C) Mary went shopping.
(D) Mary bought some gas..
From the conversation you learn that Mary stopped at the gas station on her way home. The best answer to the question “Does the car need to be filled?” is (D), “Mary bought some gas.” Therefore, the correct answer is (D).
(Narrator) Now let us begin Part A with question number 1.
1.
(Man) The medical license examination on June 22 was very difficult. Did Sandy pass?
(Woman) She hasn’t received a letter yet. But she says she sailed right through it.
(Narrator) What does the woman say about Sandy? (12 seconds)
A. She didn’t expect to fail.
B. She went sailing.
C. She had her hearing examined.
D. She passed her driving test.
ANSWER: A
Soal Listening Percakapan Panjang (Long Conversation)
Bagian kedua dalam sesi Listening adalah soal mendengarkan percakapan panjang antara dua orang. Setelah percakapan selesai, peserta akan mendengarkan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan topik yang baru saja diperdengarkan. Soal jenis ini sering kali dianggap sulit oleh sebagian peserta, karena Anda perlu memahami keseluruhan isi percakapan untuk menjawab pertanyaan dengan benar.
Soal percakapan panjang ini juga dikenal dengan sebutan Listening Part B. Soal dimulai dari nomor 31 hingga nomor 38. Dalam bagian ini, peserta akan mendengarkan dua percakapan panjang, di mana masing-masing percakapan berisi empat pertanyaan. Peserta akan ditanya tentang ide utama dan informasi rinci yang terdapat dalam dialog tersebut.
Soal Listening Ceramah Singkat (Talk)
Tipe soal berikutnya adalah soal mendengarkan ceramah singkat yang disampaikan oleh satu pembicara. Ceramah ini biasanya berfokus pada topik akademis yang diambil dari buku pelajaran di perkuliahan. Soal ini dikenal dengan sebutan Listening Part C.
Soal dimulai dari nomor 39 hingga nomor 50, dan ada sekitar 12 pertanyaan dalam bagian ini. Untuk mendapatkan nilai maksimal, penting bagi Anda untuk memahami format tes dan berlatih mengerjakan soal Listening secara konsisten.
Latihan soal Listening ProTEFL dapat Anda temukan secara gratis di Channel YouTube Horizon English Kebumen.
2. Sesi Kedua dalam Tes ProTEFL UNY: Bagian Grammar
Sesi kedua dalam Tes ProTEFL UNY adalah bagian Grammar. Tes ini menguji dua kemampuan dasar dalam memahami tata bahasa Inggris secara menyeluruh.
Soal Structure: Menguji Pemahaman Tata Bahasa
Soal Structure adalah soal yang menguji kemampuan peserta untuk melengkapi kalimat dengan pilihan kata yang tepat. Dalam bagian ini, peserta tes diharapkan dapat menunjukkan pemahaman mendalam tentang kaidah tata bahasa Inggris dan mampu menyusun kalimat yang benar sesuai dengan aturan yang berlaku.
Soal Structure dimulai dari nomor 1 hingga nomor 15. Peserta tes disarankan untuk menjawab lebih dari 10 soal dengan benar untuk memperoleh nilai maksimal. Hal ini dapat dicapai dengan pemahaman yang baik tentang struktur kalimat dan aturan Grammar yang berlaku dalam bahasa Inggris.
Contoh soal ProTEFL Structure
1. The smoke from burning fuels causes pollution if ____ into the atmosphere.
(A) it releases
(B) it is released
(C) it will be released
(D) it released
2. While preparing an issue, newspaper editors decide what ____ in the editorials.
(A) viewpoint to take
(B) viewpoint takes
(C) take a viewpoint
(D) takes to a viewpoint
3. Medical researchers claim that each reflex ____ some stimulus that causes a response.
(A) involving
(B) involvement
(C) involves
(D) involve
4. A law of physics stipulates that energy in any system cannot be created or____
(A) destroy
(B) to destroy
(C) destroyed
(D) destruction
5. Until the late 1800s, shopkeepers advertised ____ on pictorial signs because their customers were illiterate.
(A) they produced
(B) their products
(C) produced their
(D) they are produced
6. Amnesia is the ____or total loss of memory concerning past experiences.
(A) part
(B) partially
(C) partly
(D) partial
7. A sharp sense of smell enables hunting dogs ____ wild animals.
(A) to tracking
(B) to track
(C) to be tracking
(D) track them to
9. The roots anchor a tree in the ground and absorb water ___ the soil.
(A) to
(B) from
(C) into
(D) due to
10. Viruses are so tiny that —— only by means of an electron microscope.
(A) they can see
(B) they can be seen
(C) can be seen
(D) can see them
11. When Arturo Toscanini began his career, music was regarded as one ___ expressing emotions.
(A) means by
(B) meant by it
(C) means of
(D) the meaning of
12. In diving competitions, women perform ____ men do.
(A) dive the same as
(B) the same dives as
(C) dive the same way as
(D)the diving is the same
13. Syllables are the _____ of a word according to pronunciation.
(A) naturally divided
(B) divided by nature
(C) natural divisions
(D) dividing them naturally
Kunci Jawaban dan Penjelasan Soal ProTEFL Structure
1. The smoke from burning fuels causes pollution if ____ into the atmosphere.
Jawaban: (B) it is released
Penjelasan: Kalimat ini menggunakan kondisional yang menunjukkan suatu kondisi yang berpengaruh pada hasil. Karena menggunakan if yang menandakan kondisi, maka bentuk yang tepat adalah passive voice dalam bentuk present simple passive yaitu “it is released”.
(A) “it releases” adalah bentuk aktif yang tidak sesuai dengan konteks kalimat.
(C) “it will be released” menggunakan future tense yang tidak tepat dalam kalimat yang mengandung if.
(D) “it released” adalah bentuk lampau yang juga tidak sesuai.
2. While preparing an issue, newspaper editors decide what ____ in the editorials.
Jawaban: (A) viewpoint to take
Penjelasan: Kalimat ini membutuhkan infinitive setelah kata kerja decide, sehingga bentuk yang benar adalah viewpoint to take. Ini adalah struktur yang tepat dalam kalimat ini.
(B) “viewpoint takes” tidak sesuai karena subjeknya adalah viewpoint, yang tidak membutuhkan kata kerja setelahnya.
(C) “take a viewpoint” adalah bentuk yang tidak tepat setelah decide.
(D) “takes to a viewpoint” tidak sesuai dalam konteks kalimat ini.
3. Medical researchers claim that each reflex ____ some stimulus that causes a response.
Jawaban: (C) involves
Penjelasan: Kata kerja claim diikuti oleh present simple setelahnya. Karena each reflex adalah subjek tunggal, kata kerja yang tepat adalah involves (bentuk present tense dari involve).
(A) “involving” adalah bentuk present participle yang tidak tepat dalam kalimat ini.
(B) “involvement” adalah bentuk kata benda, bukan kata kerja.
(D) “involve” adalah bentuk dasar yang tidak cocok dengan subjek tunggal.
4. A law of physics stipulates that energy in any system cannot be created or____
Jawaban: (C) destroyed
Penjelasan: Kalimat ini membutuhkan passive voice setelah “created or”, sehingga kata yang tepat adalah destroyed (past participle dari destroy).
(A) “destroy” adalah bentuk dasar yang salah setelah “cannot be”.
(B) “to destroy” adalah infinitive yang tidak sesuai dalam struktur kalimat ini.
(D) “destruction” adalah bentuk kata benda, bukan kata kerja.
5. Until the late 1800s, shopkeepers advertised ____ on pictorial signs because their customers were illiterate.
Jawaban: (B) their products
Penjelasan: Setelah kata kerja advertised, yang dibutuhkan adalah objek yang sesuai, dalam hal ini their products yang mengacu pada barang-barang yang mereka jual.
(A) “they produced” tidak tepat karena tidak sesuai dengan konteks kalimat.
(C) “produced their” adalah urutan kata yang salah.
(D) “they are produced” adalah kalimat pasif yang tidak sesuai.
6. Amnesia is the ____ or total loss of memory concerning past experiences.
Jawaban: (D) partial
Penjelasan: Kata yang tepat untuk menggambarkan kehilangan memori sebagian adalah partial (yang berarti sebagian). Kalimat ini mengarah pada pengertian partial loss.
(A) “part” adalah bentuk kata benda yang tidak sesuai di sini.
(B) “partially” adalah adverbia, bukan bentuk yang tepat untuk menggambarkan kehilangan memori.
(C) “partly” adalah adverbia juga yang tidak tepat di sini.
7. A sharp sense of smell enables hunting dogs ____ wild animals.
Jawaban: (B) to track
Penjelasan: Setelah kata kerja enables, yang dibutuhkan adalah infinitive (to + verb) yang dalam hal ini adalah to track. Ini menunjukkan tujuan atau kemampuan.
(A) “to tracking” adalah bentuk yang salah karena tracking adalah gerund, bukan infinitive.
(C) “to be tracking” adalah bentuk yang salah karena tidak sesuai dengan struktur kalimat.
(D) “track them to” tidak sesuai dengan struktur tata bahasa yang tepat.
9. The roots anchor a tree in the ground and absorb water ___ the soil.
Jawaban: (B) from
Penjelasan: Kata yang tepat untuk menunjukkan asal air adalah from, yang mengindikasikan sumber air tersebut.
(A) “to” tidak sesuai dalam konteks kalimat ini.
(C) “into” menunjukkan gerakan menuju, yang tidak sesuai dengan kalimat.
(D) “due to” adalah frase yang tidak tepat untuk menghubungkan “absorb” dan “soil”.
10. Viruses are so tiny that —— only by means of an electron microscope.
Jawaban: (B) they can be seen
Penjelasan: Kalimat ini menggunakan passive voice, karena subjek (viruses) tidak melakukan aksi tetapi menerima aksi. Bentuk yang tepat adalah can be seen.
(A) “they can see” adalah bentuk aktif yang salah dalam konteks kalimat ini.
(C) “can be seen” adalah passive yang benar, tetapi tidak lengkap tanpa subjek.
(D) “can see them” adalah bentuk aktif yang juga tidak tepat.
11. When Arturo Toscanini began his career, music was regarded as one ___ expressing emotions.
Jawaban: (C) means of
Penjelasan: Frasa yang tepat adalah means of, yang menunjukkan cara atau metode untuk melakukan sesuatu. Dalam hal ini, musik dianggap sebagai cara untuk mengekspresikan emosi.
(A) “means by” tidak tepat dalam konteks ini.
(B) “meant by it” adalah struktur yang tidak cocok.
(D) “the meaning of” adalah makna atau arti, yang tidak sesuai dengan konteks kalimat.
12. In diving competitions, women perform ____ men do.
Jawaban: (B) the same dives as
Penjelasan: Frasa yang tepat adalah the same dives as, yang menunjukkan perbandingan antara aksi yang dilakukan oleh wanita dan pria.
(A) “dive the same as” tidak sesuai dengan tata bahasa yang tepat.
(C) “dive the same way as” lebih berbentuk ungkapan informal dan tidak seakurat pilihan (B).
(D) “the diving is the same” tidak tepat karena menyarankan pernyataan umum, bukan perbandingan langsung.
13. Syllables are the _____ of a word according to pronunciation.
Jawaban: (C) natural divisions
Penjelasan: Natural divisions mengacu pada pembagian alami dalam pengucapan kata, sesuai dengan aturan pengucapan dalam bahasa.
(A) “naturally divided” adalah frasa pasif yang tidak tepat di sini.
(B) “divided by nature” tidak sesuai dalam konteks ini.
(D) “dividing them naturally” adalah bentuk gerund yang tidak tepat.
Soal Written: Menentukan Kata atau Frasa yang Tidak Benar dalam Kalimat
Soal Written dalam Tes ProTEFL UNY menguji pemahaman peserta dalam penulisan kalimat bahasa Inggris. Dalam soal tipe ini, peserta diminta untuk menentukan kata atau frasa yang tidak tepat atau salah dalam kalimat yang diberikan.
Soal ini dimulai dari nomor 16 hingga nomor 40. Peserta tes diharapkan untuk menjawab dengan benar lebih dari 15 soal agar dapat memperoleh nilai maksimal. Untuk itu, pemahaman yang baik mengenai struktur kalimat dan penggunaan kata yang tepat sangat penting.
Contoh Soal PreTEFL Bagian Grammar: Written
Carl Anderson ( discovered ) two atomic ( particles ) that he ( identified ) while ( studied ) cosmic rays.
Kata yang salah adalah studied.
Penjelasan:
Kalimat tersebut menggunakan struktur past tense karena menjelaskan kejadian di masa lampau (Carl Anderson menemukan partikel).
discovered sudah tepat, karena merupakan bentuk past tense dari discover.
particles merupakan bentuk plural (jamak) dari particle dan sudah tepat penggunaannya.
identified juga sudah tepat, karena merupakan bentuk past tense dari identify.
Kesalahan ada pada kata studied. Seharusnya, kata tersebut diubah menjadi studying karena menjelaskan aktivitas yang sedang berlangsung ketika Carl Anderson mengidentifikasi partikel tersebut.
Jadi, kalimat yang benar adalah:
Carl Anderson discovered two atomic particles that he identified while studying cosmic rays.
Soal ProTEFL yang mirip dengan aslinya bisa anda dapatkan di Channel Youtube Horizon English Kebumen. Bagi anda yang masih merasa kesulitan mengerjakan soal TOEFL , EPT , ProTEFL , Marlins, Acept UGM, atau TBI BUMN, silahkan hubungi kami untuk informasi bimbingannya.
3. Reading Comprehension
Tes Reading Comprehension adalah salah satu bagian penting dalam Tes ProTEFL UNY, yang menguji kemampuan peserta dalam memahami teks bacaan dan menganalisis informasi yang terkandung di dalamnya. Dalam bagian ini, peserta akan dihadapkan dengan 50 soal yang berfokus pada dua aspek utama:
Menentukan Ide Utama (Main Idea)
Peserta diminta untuk mengidentifikasi gagasan utama yang disampaikan oleh penulis dalam teks.
Menentukan Informasi Rinci (Specific Information)
Peserta juga akan diminta untuk menemukan rincian atau informasi spesifik dalam teks yang mendukung ide utama atau menjawab pertanyaan terkait teks.
Jenis Soal dalam Tes Reading Comprehension
Pada tes ini, peserta akan membaca beberapa teks yang berkaitan dengan topik-topik akademik atau umum, kemudian menjawab soal yang menguji kemampuan mereka dalam:
- Mengidentifikasi ide utama dari sebuah paragraf atau keseluruhan teks.
- Mencari informasi rinci yang disajikan dalam teks, seperti tanggal, tempat, atau fakta-fakta penting yang mendukung ide utama.
Soal-soal ini dirancang untuk mengukur kemampuan membaca dan pemahaman teks dalam bahasa Inggris secara komprehensif.
Contoh Soal Tes Reading Comprehension
Bacaan:
The Internet has become a major source of information for millions of people around the world. With just a few clicks, anyone can access news, educational materials, and entertainment from various sources. However, while the Internet provides a wealth of knowledge, it also presents challenges such as misinformation and privacy concerns. Therefore, it is essential for users to be critical and discerning when accessing information online.
Soal 1: Menentukan Ide Utama
What is the main idea of the passage?
(A) The Internet offers various forms of entertainment.
(B) People should use the Internet with caution.
(C) The Internet is a source of misinformation.
(D) Educational materials are easily accessible on the Internet.
Jawaban: (B) People should use the Internet with caution.
Penjelasan: Ide utama dalam teks ini adalah pentingnya menggunakan Internet dengan hati-hati karena meskipun menyediakan banyak informasi, ada tantangan seperti misinformasi dan masalah privasi.
Soal 2: Menentukan Informasi Rinci
According to the passage, what is one of the challenges associated with the Internet?
(A) Misinformation
(B) Slow access speed
(C) Lack of entertainment
(D) High cost of usage
Jawaban: (A) Misinformation
Penjelasan: Dalam teks disebutkan bahwa salah satu tantangan Internet adalah misinformasi, yang membuat pengguna perlu kritis saat mengakses informasi.
Tips Lulus Ujian ProTEFL UNY
Ujian ProTEFL UNY adalah salah satu ujian penting untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris, khususnya dalam aspek listening, grammar, dan reading comprehension. Bagi kamu yang sedang mempersiapkan ujian ini, berikut adalah beberapa tips efektif yang bisa membantu kamu lulus dengan nilai maksimal:
1. Kenali Format dan Jenis Soal
Sebelum mulai belajar, pastikan kamu benar-benar memahami format ujian dan jenis soal yang akan dihadapi, seperti:
- Listening: Memahami percakapan singkat, percakapan panjang, dan ceramah.
- Grammar: Menyelesaikan soal tentang tata bahasa seperti structure dan writing.
- Reading Comprehension: Menentukan ide utama dan informasi rinci dalam teks.
Dengan memahami struktur ujian, kamu bisa lebih fokus dalam belajar dan mempersiapkan diri untuk tiap bagian soal.
2. Fokus pada Latihan Listening
Bagian Listening seringkali menjadi tantangan bagi banyak peserta tes. Oleh karena itu, lakukan latihan mendengarkan berbagai jenis percakapan dan ceramah dalam bahasa Inggris.
Dengarkan percakapan atau ceramah yang ada di YouTube, podcast, atau audiobook.
Biasakan diri untuk tidak hanya mendengarkan, tapi juga mencatat poin-poin penting yang kamu dengar.
Lakukan latihan soal Listening dari ujian sebelumnya untuk membiasakan diri dengan tipe soal yang akan muncul.
3. Kuasai Grammar dengan Baik
Sesi Grammar akan menguji pemahamanmu tentang struktur kalimat, tenses, dan penggunaan kata yang benar dalam konteks yang tepat.
Pelajari aturan dasar tenses seperti present, past, dan future tenses.
Kuasai penggunaan modals, prepositions, dan articles.
Latihan soal structure dan writing untuk mengasah kemampuanmu.
4. Tingkatkan Kemampuan Membaca (Reading Comprehension)
Untuk Reading Comprehension, penting untuk dapat menyusun ide utama dari setiap teks dengan cepat.
Baca artikel, esai, atau berita dalam bahasa Inggris untuk membiasakan diri dengan berbagai topik.
Setelah membaca, coba ringkas ide utama dan cari informasi rinci dalam teks.
Lakukan latihan soal Reading Comprehension yang melibatkan teks akademik atau berita yang relevan.
5. Mengambil Bimbingan ProTEFL
Jika anda masih sulit memahami materi dan bingung mengerjakan soal, silahkan ikuti bimbingan ProTEFL di Horizon Kebumen. Bimbingan Persiapan Tes TEFL sangat penting bagi anda yang masih memiliki pemahaman materi yang masih kurang. dengan mengikuti bimbingan, anda belajar materi penting, mengerjakan soal ProTEFL , dan Simulasi Tes.Bimbingan ProTEFL bisa online dan Offline. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.
6. Kelola Waktu dengan Baik
Ujian ProTEFL UNY memiliki batasan waktu, jadi sangat penting untuk mengatur waktu dengan bijak saat mengerjakan soal.
Biasakan diri untuk mengerjakan soal dengan waktu yang terbatas.
Jangan terlalu lama terjebak pada satu soal, segera lanjutkan jika merasa ragu.
7. Gunakan Sumber Belajar yang Tepat
Selain latihan soal, kamu juga bisa menggunakan sumber belajar lain seperti:
Buku teks TOEFL atau IELTS yang memiliki format soal mirip dengan ProTEFL.
Aplikasi pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara.
8. Istirahat yang Cukup
Pastikan kamu cukup tidur dan beristirahat sebelum ujian. Kondisi tubuh yang segar akan membantu kamu berpikir lebih jernih dan mengerjakan soal dengan lebih baik.
Dengan mengikuti tips di atas dan berlatih secara konsisten, kamu akan semakin siap menghadapi ujian ProTEFL UNY dan memperoleh nilai terbaik! Jangan lupa, latihan dan persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan.
Kesimpulan Tes ProTEFL UNY: Format Tes, Soal, dan Persiapan yang Perlu Anda Ketahui
Tes ProTEFL UNY adalah ujian yang dirancang untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris peserta dengan format yang mirip dengan TOEFL, namun lebih singkat dan difokuskan pada tiga keterampilan utama: Listening, Grammar, dan Reading. Untuk sukses dalam tes ini, peserta perlu mempersiapkan diri dengan memahami format tes dan jenis soal yang akan dihadapi.
Listening Comprehension terdiri dari tiga bagian: percakapan pendek, percakapan panjang, dan ceramah singkat. Setiap jenis soal menguji pemahaman peserta terhadap informasi yang didengarkan, jadi penting untuk melatih kemampuan mendengarkan secara teratur.
Grammar menguji pemahaman tentang struktur kalimat dan penggunaan tata bahasa yang benar. Peserta disarankan untuk menguasai aturan dasar grammar untuk menjawab soal dengan tepat.
Reading dan Written menguji kemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris, dengan fokus pada pemahaman teks dan penulisan kalimat yang benar.
Untuk mempersiapkan Tes ProTEFL UNY dengan maksimal, latihan soal-soal dari tes sebelumnya dan memperdalam pemahaman materi akan sangat membantu. Selain itu, banyak sumber daya belajar, seperti Channel YouTube Horizon English Kebumen, yang menyediakan latihan soal secara gratis.
Dengan persiapan yang matang dan pemahaman yang mendalam terhadap materi, Anda dapat meraih hasil yang memuaskan dalam Tes ProTEFL UNY dan mencapai tujuan akademik Anda.